Monday, November 29, 2010

Dampak Letusan Gunung Merapi

Lima Juta Batang Salak di Sleman Rusak  

Tanaman salak yang rusak akibat Gunung ,Merapi.


Liputan6.com, Sleman: Letusan Gunung Merapi menghancurkan lima juta batang salak pondoh yang ada di Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lebih dari 1.400 hektare lahan salak juga hancur. "Kami terpaksa melakukan panen dini," kata Bambang, petani salak, baru-baru ini.

Di Turi, yang merupakan sentra petani salak pondoh, sekitar 80 persen batang salak rusak dan tidak mungkin tumbuh lagi. Itulah sebabnya, kata Bambang, dirinya dan petani di Desa Wonokerto melakukan panen diri. Hal ini dilakukan agar salak tetap bisa dijual, meski belum terlalu tua.

Menurut Suparno, petani lain, jika tidak dilakukan panen dini, salak akan rusak. Ini bakal membuat salak menjadi busuk karena terlalu lama terkena material Merapi. Buntutnya, petani juga yang mengalami kerugian.

Selain panen dini, para petani juga harus membersihkan kebun salak miliknya karena hampir semua pohon salak rusak dan tumbang. Selain memotong dahan petani, juga memangkas habis pohon salak yang rusak total terkena material abu vulkanik Merapi. Saat ini petani salak pondoh harus menunggu dua hingga tiga tahun lagi untuk mengembalikan tanaman salak pondoh agar dapat dipanen kembali.

No comments: